Sekdakot Michler Lakat Terima 40 Peserta PKPA Gorontalo

Manado438 Views
banner 468x60

Manado,teropongsulut- Sekretaris daerah (Sekda) Kota Manado Dr Micler C.S Lakat, SH.MH menerima 40 orang peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan I (PKPA) Provinsi Gorontalo Tahun 2023 dalam rangka studi lapangan pelayanan publik di Kota Manado, Rabu (30/08/23).

Kegiatan yang berlangsung 30 Agustus – 02 September tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai Tiga The Lagoon Hotel Bahu Manado dan dihadiri oleh Kepala BPSDM Provinsi Gorontalo Budi Sidiki dan para Widyaiswara (W.I.)

Dan untuk Studi Lapangan /lokus di Pemerintah Kota Manado adalah : 1. BKPSDM, 2. DM-PTSP, 3. KOMINFO, 4. Imigrasi Kelas 1 A Manado.

Sekretaris daerah Kota Manado Dr Micler Lakat, SH.MH mengatakan pelatihan kepemimpinan pengawas merupakan pelatihan struktural pengawas sebagaimana yang diatur dalam peraturan pemerintah mengenai manajemen PNS.

Baca juga:  KPU Sulut Gelar Rapat Evaluasi Coklit Tahap Pertama Di Grand Kawanua Novotel

“Hal ini dimana pejabat pengawas harus memiliki kompetensi untuk menjamin akuntabilitas jabatan dalam pengendalian seluruh kegiatan pelaksanaan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur,” ujar Lakat.

Lakat menilai, kompetensi ini diindikasikan oleh kemampuan pejabat struktural dalam tiga ranah yakni kemampuan dalam menguasai bidang tugasnya, kemampuan dalam menerapkan kode etik yang dituntut oleh bidang tugasnya, dan kemampuan dalam menunjukkan komitmen dalam pelaksanaan tugasnya.

“Kombinasi ketiga kemampuan inilah yang membangun profesionalisme pada masing-masing pejabat struktural. Salah satu unsur saja yang tidak dimiliki, maka sulit bagi mereka untuk dikategorikan sebagai pejabat struktural yang profesional,” ungkap Lakat.

Selebihnya Sekda Kota Manado ini berharap agar pelatihan ini dapat diikuti dengan penuh tanggung jawab guna menambah kualitas pemahaman diri dan kinerja.

Baca juga:  Rangkaian Kegiatan APEKSI 2024, Sekkot Lakat Hadiri Penanaman Pohon

“Saya berharap, keikutsertaan saudara-saudari bukan hanya didasari oleh kewajiban untuk memenuhi salah satu syarat menduduki jabatan pengawas, tetapi juga merupakan perwujudan dalam mengembangkan kompetensi sesuai dengan tuntutan standar yang diharapkan,” ungkap Lakat.

Pada kesempatan tersebut Sekda Kota Manado Micler Lakat, SH.MH didampingi Kaban BKPSDM Donald Supit, Kadis DM-PTSP Jimmy Rotinsulu, Sekretaris Dinas Kominfo Heintje Lombone dan Kepala Imigrasi kelas 1 A Manado Made Nur Hepi Juniartha.(lusiedien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *