Wawali RS Buka ANBK di SMP Negeri 1 Manado

Manado549 Views
banner 468x60
Manado,teropongsulut.com-Wakil Walikota Manado, dr. Richard Sualang (RS) membuka secara langsung kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Khusus Tingkat SMP Gelombang Pertama yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Manado, Senin (18/9/2023).

 

Dalam sambutannya, Sualang mengatakan dengan adanya program dari Pemerintah tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum Merdeka ini, siswa diharapkan bisa lebih menguatkan serta mengerti akan arti dari Pancasila.

“Dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kita bisa belajar makna dari Pancasila sejak di kelas VI ini. Saya berharap para siswa kelas VI di SMPN 1 Manado sudah hafal dengan lima sila yang ada di Pancasila. Karena itu, adalah dasar dari negara kita Indonesia,” tutur Wawali Richard.

Baca juga:  Peringati HUT Fakultas Pertanian Unsrat ke-64, Sekkot Lakat Dan Ketua TP PKK Manado Lakukan Pencanangan Kintal AARS

Dia menambahkan, dengan adanya materi suara demokrasi di mata pelajaran pendidikan Pancasila para siswa bisa belajar secara tekun agar bisa menjadi siswa yang Pancasilais.

“Dengan mengerti akan mata pelajaran pendidikan Pancasila, saya berharap, siswa SMPN 1 Kota Manado bisa menjadi yang Pancasilais. Saya berpesan, jika nanti adik-adik siswa menjadi orang besar, jangan lupa dengan dasar negara kita dimanapun kalian berada, harus menjadi warga negara yang Pancasilais,” terang Sualang.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Manado, Salmon Rosang mengatakan, ANBK merupakan program dari Kemendikbud untuk evaluasi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh tingkat pendidikan. “ANBK 2023 dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan abad ke-21 yang dibutuhkan di era digital. Siswa dapat melatih kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif melalui soal-soal ANBK 2023 yang bervariasi dan menantang,” sebutnya.

Baca juga:  PT Timurjaya Dayatama Manado Rayakan Natal Bersama Anak Panti Asuhan St Lukas Karombasan

Diketahui, turut hadir dalam pembukaan ANBK Gelombang Pertama di SMP Negeri 1 Manado, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, Triana Landria Almas, S.STP, M.Si dan Kepala Bidang Pembinaan TK/PAUD, Piter A. Mauru M.Ap.(*)

(Lusiedien)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *