Kumentas: Bupati E2L Keliru Sampaikan Data, Tandanya Tidak Tahu Jumlah Penduduknya

Manado793 Views
banner 468x60

Manado,teropongsulut.com – Bupati Kepulauan Talaud Elly. E Lasut (E2L), dinilai keliru menyampaikan data populasi penduduk daerah yang dia pimpin. Hal itu terungkap dalam sebuah sebuah momen wawancara video yang menghadirkan dirinya sebagai narasumber.

Dalam video tersebut, Bupati Talaud mengatakan PDRB Talaud pada tahun 2022 sebesar Rp2,6 Trilliun. Dia juga menambahkan untuk pendapatan perkapita Talaud ada di angka Rp48 juta.

Staf Khusus Walikota Manado Bidang Pengkajian Pembangunan Astrid Kumentas, menegaskan apa yang dikatakan Bupati Talaud tersebut, jika dihitung 2,6 trilliun dibagi dengan 48 juta, berarti penduduk Talaud hanya 54.167 orang. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan hasil pendataan populasi penduduk Kabupaten Kepulauan Talaud oleh pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut.

Baca juga:  Walikota Angouw Warning Tertibkan Kabel-Kabel Semrawut Ganggu Aktifitas di Jalan

Dimana berdasarkan data BPS Sulut, populasi Kabupaten Kepulauan Talaud tahun 2022 berjumlah 95.545.

“Hal ini tentunya tidak sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Talaud yang menyebutkan pendapatan perkapita Talaud ada di angka Rp48 juta, dan hal itu bisa dipastikan tidak mendasar. Karena setelah hasil hitung-hitungan, hasilnya tidak sesuai dengan data yang disampaikan pihak BPS Sulut. Kalau 2,6 trilliun tsb dibagi dengan 95.545 maka PDRB perkapita Kabupaten Talaud sebesar 27,2jt,” kata Kumentas.

Lanjut dikatakan dia, hal ini tentunya menandakan Bupati tidak tahu jumlah penduduk Talaud. Bupati mengira penduduknya 54.167 (2,6 trilliun dibagi 48jt), padahal menurut data BPS penduduk Talaud berjumlah 95.545.

Baca juga:  Wawali Sualang Presentasikan Kinerja Percepatan Penanggulangan Stunting Kota Manado Tahun 2023

“Pak Bupati harus lebih bijak lagi dalam memberikan pernyataan terutama dalam hal menyangkut data,” ujarnya. (Lusiedien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *