Rekam Pemerintahan ROR-RD Selama Lima Tahun

Minahasa288 Views
banner 468x60

Minahasa, teropongsulut – Tidak terasa lima tahun sudah Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey menahkodai Kabupaten Minahasa dengan visi “Terwujudnya Minahasa Maju dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera” dan misi meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing, mewujudkan kemandirian ekonomi dengan mendorong sektor pertanian, perikanan dan pariwisata. Mewujudkan pengembangan kewilayahan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan, meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan, serta memantapkan manajemen birokrasi yang professional melalui tata kelola pemerintahan yang baik, yang kemudian dituangkan dalam nawacita ROR-RD melalui 22 kegiatan unggulan.

Dilantik pada 25 September 2018 lalu, beragam upaya dilakukan untuk mencapai visi dan misi ROR-RD, antara lain di bidang pendidikan: ruangan untuk guru dibangun di berbagai sekolah serta sekolah-sekolah direhabilitasi dan diperlengkapi dengan fasilitas penunjang seperti komputer, peralatan laboratorium, dan peralatan lainnya. Pembangunan sarana dan prasarana pendidikan ini juga dibarengi dengan peningkatan kompetensi guru pengajar melalui kerjasama dengan lembaga penjamin mutu pendidikan dan pelatihan-pelatihan guru dalam berbagai mata ajar. Komitmen Bupati dan Wakil Bupati untuk mengangkat Kepala sekolah dan Guru yang berlatar belakang guru penggerak pun sudah dibuktikan dengan adanya Kepala Sekolah berasal dari guru penggerak. Di sisi lain, pelajar SD dan SMP yang baru masuk kelas 1 mendapat bantuan seragam, sepatu, dan tas sekolah gratis.

Sejak 1 Oktober 2018, seluruh masyarakat Kabupaten Minahasa ditanggung dalam Jaminan Kesehatan Daerah melalui BPJS Kesehatan dalam program Universal Health Coverage untuk Fasilitas Kesehatan pertama atau Kelas III bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Selanjutnya tanggungan pemerintah ini kemudian dievaluasi kembali dan hanya menanggung masyarakat yang kurang mampu. Program ini pun kemudian membuahkan hasil dengan diterimanya penghargaan dari BPJS Kesehatan sampai dengan tahun 2023 ini dengan cakupan jaminan kesehatan 98,2 persen dari warga Minahasa.

Infrastruktur dan fasilitas penunjang di bidang kesehatan ditambah seperti pembangunan Puskesmas, pembangunan rumah dinas dokter Puskesmas dan pembangunan rumah dinas perawat, bahkan semua Puskesmas di Kabupaten Minahasa saat ini telah dilengkapi ambulans.

Minahasa kemudian mendapat penghargaan Kabupaten sehat kategori Swasti Saba Wiwerda peringkat dua nasional pada tahun 2019.

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Sam Ratulangi Tondano, juga berhasil memperoleh akreditasi dengan meraih predikat bintang empat di tahun 2019. Melihat perkembangan pelayanan kesehatan saat ini, infrastruktur dan fasilitas penunjang di RSUD Sam Ratulangi Tondano dinilai tak representative lagi, sehingga saat ini sedang dilaksanakan pembangunan RSUD baru yang lebih representatif dan modern.

Di masa pandemic COVID-19 awal tahun 2020 lalu, perhatian pemerintah teralihkan. Baik dana, daya dan upaya hampir seluruhnya terfokus pada penanganan penanggulangan pencegahan penyebaran COVID-19.

Segala macam upaya dilakukan Pemkab Minahasa untuk membantu masyarakat seperti, pemberian bantuan sembako, bantuan langsung tunai dan bantuan sosial tunai bagi masyarakat yang terdampak langsung.

Selain itu, tersedianya fasilitas ruang isolasi, di RSUD Sam Ratulangi Tondano dan semua Puskesmas untuk pasien COVID-19, armada ambulance untuk mendukung mobilitas penanganan pasien COVID-19, ditambah ketersediaan rumah singgah diadakan, serta Antisipasi Lahan Pemakaman di beberapa wilayah kecamatan.

Dalam upaya penanganan pandemi COVID-19, juga dilakukan percepatan vaksinasi terhadap masyarakat mulai dari vaksinasi dosis pertama, kedua, hingga booster.

Meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan Pemkab Minahasa memberikan bantuan dana duka. Pemberian bantuan ini dilakukan bersamaan dengan pemberian akte kematian dan kartu keluarga baru kepada ahli waris Pemkab Minahasa juga mengalokasikan anggaran bagi masyarakat yang tertimpa bencana alam, serta membangun lebih dari 70 ribu rumah tingal layak huni untuk masyarakat kurang mampu.

Perhatian ROR-RD terhadap Pimpinan Agama di Minahasa juga telah dibuktikan dengan direalisasikannya pemberian insentif bagi 870 Pimpinan Agama, di samping pemberian bantuan bagi pembangunan rumah-rumah ibadah di Kabupaten Minahasa.

Dalam pembangunan fasilitas publik, Pemkab Minahasa melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang telah membangun infrastruktur jalan, baik rekonstruksi, peningkatan, rehabilitasi dan pemeliharaan jalan di Minahasa.

Baca juga:  Jubilasi Guru dan ASN: Minahasa Berkomitmen pada Pendidikan dan Neutrality Demokrasi

Di samping itu, juga memberi perhatian khusus pada infrastruktur irigasi dan peningkatan jumlah sambungan rumah air minum di kawasan perdesaan dan perkotaan.

Pemkab Minahasa sebagaimana yang tertuang dalam misi ROR-RD mewujudkan kemandirian ekonomi dengan mendorong sektor pertanian, perikanan dan pariwisata bukan isapan jempol belaka. Melalui Dinas Pertanian dan Dinas Pangan, Kabupaten Minahasa telah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian RI sebagai daerah sumber benih jagung hibrida, melalui pembentukan Korporasi Petani Penangkar Jagung Hibrida. Minahasa juga menjadi salah satu daerah yang ditetapkan sebagai sumber bibit sapi Peranakan Ongole.

Di samping itu telah melakukan ekspor komoditi pertanian unggulan daerah ke beberapa negara melalui program Merdeka Eksport. Saat ini sementara dilakukan pengembangan komoditas pertanian unggulan lainya yaitu tanaman Sereh Wangi, di mana produk yang dihasilkan yaitu minyak atsiri  yang akan diekspor ke negara Korea Selatan. Selanjutnya untuk memenuhi ketersediaan pangan non beras di Kabupaten Minahasa mulai tahun 2022 mulai dikembangkan tanaman Porang.

Melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, halnya pada sektor Perikanan, Nelayan diberikan sarana dan prasarana penunjang seperti kapal 3 GT beserta mesin, alat tangkap ramah lingkungan, perahu danau, alat penangkapan ikan dan motor tempel, serta pemberian bibit ikan nila, bibit ikan mas dan bibit ikan patin, pemberian pakan ikan untuk mendukung kegiatan budidaya kelompok masyarakat pelaku usaha budidaya dan pembuatan unit pembenihan rakyat.

Pemberian bantuan ini dibarengi dengan peningkatan SDM masyarakat perikanan seperti, pendampingan bagi kelembagaan kelompok usaha, pelatihan pengusaan teknologi penangkapan ikan terutama yang meliputi pelatihan teknis kasko kapal/perahu dan permesinan kapal, pelatihan budidaya dengan standar, cara pembenihan Ikan yang baik, pelatihan pengolahan ikan yang bermutu dan penyuluhan tentang kesadaran lingkungan.

Di sektor pariwisata, Kabupaten Minahasa saat ini memiliki lebih dari 150 objek yang meliputi wisata alam, wisata budaya, dan wisata buatan dengan 224 penunjang pariwisata.

Melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Pemkab Minahasa terus mengembangkan organisasi kepemudaan seperti KNPI, serta melakukan pelatihan Paskibraka dan kegiatan pembinaan kepemudaan lainnya.

Dalam bidang Olahraga, Pemkab Minahasa bersama KONI juga memberikan peluang kepada setiap atlet untuk mengembangkan kemampuan sekaligus meraih prestasi di bidang olahraga yang digeluti dan dibuktikan dengan diraihnya berbagai prestasi medali emas, perak maupun perunggu baik dari Pekan Olah Raga Provinsi maupun Pekan Olah Raga Nasional 2020 dan dari berbagai event bergengsi lainnya.

Manajemen birokrasi yang profesional melalui tata kelolah pemerintahan yang baik menjadi fokus ROR RD dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan prorakyat. Cara kerja birokrasi pemerintahan didorong untuk menerapkan prinsip time and Speed dengan tetap mengedepankan kinerja sebagai faktor utama bagi dinamika organisasi. Hal ini membuahkan hasil memuaskan dengan diraihnya predikat wajar tanpa pengecualian, WTP yang kesembilan berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dimana 5 diantaranya diraih dalam kepemimpinan ROR RD. atas predikat WTP ini Pemkab Minahasa menerima penghargaan dari kementerian keuangan Republik Indonesia. Selanjutnya di Tahun 2023 juga Pemkab Minahasa menerima APBD Award 2023 melalui kategori realisasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah, dan juga BKN Award Kategori Penerapan Pemanfaatan Data – Sistem Informasi dan CAT Pemerintah Kabupaten Wilayah Tengah Tipe Besar.

13 October 2021 untuk pertama kalinya Pemkab Minahasa menerima penghargaan Anugerah Parahita ekapraya atas keseriusan dan komitmen mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender Melalui strategi pengarusutamaan gender. Di tahun 2021 juga Bupati Minahasa dinobatkan sebagai bupati terpopuler di media digital dalam anugerah humas Indonesia.

Tahun 2021, melalui Dinas Kominfo dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Kabupaten Minahasa terpilih menjadi salah satu dari 48 Kabupaten/ Kota di Indonesia, dalam program gerakan menuju Kota Cerdas atau Smart City, yang ditandai dengan penganugerahan Piagam Smart City oleh Menteri Kominfo RI kepada Bupati Royke Octavian Roring, yang selanjutnya oleh Kementerian Kominfo RI telah menetapkan Bupati Minahasa sebagai salah satu dari 10 Bupati/Walikota se-Indonesia yang diutus mengikuti Benchmarking atau Study Banding tentang Smart City di Korea Selatan pada bulan November 2022 yang lalu.

Baca juga:  Pj Bupati Minahasa Hadiri Rakor Percepatan Stunting

Melalui Kementerian Komunikasi dan informatika Republik indonesia yang bermitra dengan pemkab minahasa melalui dinas kominfo minahasa telah menyelenggarakan berbagai pelatihan, antara lain Pelatihan Aparatur Sipil Negara ( Government Transformation Academy ) – Junior Office yang diselenggarakan pada tanggal 19-23 Juni 2023,  dengan peserta adalah ASN ( PNS, THL ) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa. Tujuan Pelatihan ini,  membekali peserta dengan pengetahuan dan Teknik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan aplikasi perkantoran (office) tingkat dasar, mengoperasikan aplikasi internet dan media sosial, serta memastikan keamanan informasi pengguna. Selain itu pada tanggal 20 sampai dengan 23 maret 2023 telah dilaksanakan kegiatan thematic academy. Pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan dan Pengembangan SDM dalam penguasaan Teknologi Informasi untuk Tenaga Guru dan Kependidikan maupun ASN dan Non Asn di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa sehingga lebih kreatif dalam menjalankan tugas-tugas baik dibidang Pendidikan maupun ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Memasuki tahun ke-5 kepemimpinan ROR-RD, sederet prestasi kerja menjadi bonus atas rangkaian kerja keras yang telah dilakukan bupati dan wakil bupati minahasa beserta jajarannya. Di awal tahun 2023 ini berbagai prestasi telah ditorehkan pemerintah kabupaten minahasa.

Pada bulan januari 2023, Pemkab minahasa mendapatkan penghargaan Paritrana Award 2023 dari BPJS Ketenagakerjaan atas prestasinya dengan meraih terbaik ketiga dalam manajemen jaminan sosial dan ketenagakerjaan tahun 2022, selanjutnya masih dibulan yang sama, pemkab minahasa menerima penghargaan dari kantor pelayanan pajak pratama Bitung tentang pencapaian target penerimaan pajak tahun 2022.

Memasuki bulan februari 2023,  minahasa menerima penghargaan sertifikat Bebas Frambusia tahun 2023 yang diserahkan langsung oleh menteri kesehatan republik indonesia, Budi Gunadi Sadikin.

Selanjutnya setelah menunggu selama 13 tahun, akhirnya di era kepemimpinan ROR-RD, berkat kerja keras seluruh Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa bersama seluruh elemen masyarakat, Kabupaten Minahasa bisa kembali meraih penghargaan Adipura dengan Kategori kota kecil tahun 2022 yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, di Auditorium Manggala Wana Bhakti, Jakarta.

Di bulan februari juga, setelah melalui seleksi yang ketat, Bupati Minahasa melantik sekretaris daerah minahasa yang baru, Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si dalam Pengambilan Janji, Pelantikan, dan Serah Terima Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa.

Di bulan agustus 2023, Kabupaten Minahasa, dipercaya menjadi tuan rumah pencanangan Imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) oleh  Kementerian Kesehatan RI, dan Juga menerima penghargaan Pratama bagi Kabupaten Minahasa dari Kementerian  Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak.

Selanjutnya Pemkab Minahasa meraih perestasi membanggakan dengan menerima penghargaan sebagai Tim Pengendalian Inflasi Daereh (TPID) Berprestasi dalam TPID Award terbaik antar Kabupaten/Kota se-sulawesi yang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo di Istana Negara Jakarta disaksikan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE dan para Gubernur se- Indonesia dalam Rapat Koordinasi TPID Tahun 2023.

Diakhir Masa Jabatan Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, IPU, ASEAN.Eng, dan Wakil Bupati Minahasa Dr HC Robby Dondokambey SSi MAP MM ,  Menerima Penghargaan dari Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia Melalui Zoom, Atas Dukungan Satu Desa Sanitarian dan Kampung Satitasi, di kediaman rumah Bupati Minahasa. Kegiatan ini sendiri di gelar di Hotel Grand Media Kuningan Jakarta Selatan, pada Sabtu 23 September 2023, dengan Tema “Transformasi Digital dalam Integrasi Sistem Informasi HAKLI pada Penguatan Kapasitas untuk penurunan Stunting dan Eliminasi Tuberkulosis” dalam Acara rakernas ke 4 dan HUT ke 68 Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia.

Demikianlah Sekilas 5 Tahun Kepemimpinan Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, IPU, Asean.Eng dan Wakil Bupati Minahasa Dr. Robby Dondokambey, SSi, MM, MAP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *