Pemkot Manado Lantik Sebanyak 807 Tenaga Fungsional Pegawai

Manado1083 Views
banner 468x60

Manado, teropongsulut- Pemerintah Kota Manado yang di pimpin Walikota Andrei Angouw dan Richard Sualang melakukan pengambilan sumpah janji dan pelantikan pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dalam jabatan fungsional, bertempat di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado, Jumat ( 29/9/2023).

Mewakili Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil  Walikota dr Richard Sualang, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Donald supit melantik sebanyak 807 fungsional pegawai.

Pelantikan tersebut di laksanakan dengan dua sesi, terdiri dari sesi pertama sebanyak 396 fungsional tenaga terdiri dari 160 tenaga guru PNS, 236 tenaga kesehatan PNS dan PPK.

Sedangan Sesi Kedua sebanyak 411 tenaga fungsional pegawai yang terdiri dari 382 tenaga guru, tenaga teknis kesehatan 69.

Pantauan teropongsulut.com pelaksanaan pelantikan berjalan dengan sangat baik.

Kaban BKPSDM Donald Supit  membacakan sambutan Wali Kota Manado Andrei Angouw mengajak semua mengucap syukur atas terlaksananya kegiatan ini.

Puji syukur kegiatan sumpah janji dan pelantikan PNS dan PPPK dalam jabatan fungsional dapat berjalan dengan baik, dan selamat kepada mereka yang baru dilantik dan di ambil sumpah jabatannya,”kata Walikota Angouw.

Baca juga:  Andrei Angouw Lepas Napak Tilas PAC PDI Perjuangan Kecamatan malalayang

“Semoga saudara-saudari mampu untuk mengemban tugas dan amanah dalam melaksanakan peraturan perundang-undangan sebagaimana diatur dalam UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN),” walikota Manado.

Menurut Dia, Jabatan fungsional adalah kedudukan yang menunjukan tugas tanggungjawab, wewenang dan hak seorang ASN dalam suatu satuan organisasi yang pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan ketrampilan tertentu serta bersifat mandiri.

Dalam rangka mencapai tujuan nasional dibutuhkan adanya ASN dengan mutu profesionalisme yang memadai berdaya guna dan berhasil guna dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

Pengangkatan jabatan fungsional bertujuan sebagai sarana pengembangan  profesionalisme dan pembinaan karir ASN. Selain itu untuk mencapai tujuan pembangunan dibutuhkan adanya pengangkatan pejabat fungsional yang perlu dibina dengan sebaik-baiknya dengan menggunakan sistem karir dan sistim prestasi kerja demi menciptakan organisasi pemerintahan yang baik.

“Untuk itu, diharapkan mampu untuk menghadapi tantangan merubah Mindset juga mampu melaksanakan tugasnya sesuai keahlian, ketrampilan, mandiri dan profesional serta bekerja tidak semata-mata hanya untuk memenuhi target pribadi yaitu angka kredit untuk kenaikan pangkat, jabatan atau golongan saja. Akan tetapi bekerja dengan sepenuh hati, displin dan memahami substansi pekerjaannya sesuai aturan perundang-undangan. pembangunan kapasitas SDM sangat penting untuk membantu perjalanan perubahan pola pikir budaya dan kompetensi ASN.

Baca juga:  JAS Sambangi Warga Sumompo Dan Bagikan Masker dan Air Mineral Gratis

Presiden Joko Widodo telah menetapkan nilai-nilai dasar ASN Berakhlak dan bangga melayani bangsa. Berakhlak merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

“Nilai-nilai dasar inilah yang menjadi rujukan bagi pegawai baik pusat maupun daerah dalam menjalankan tugas dan peran serta fungsinya. Pada prinsipnya setiap ASN harus mempunyai jiwa melayani dalam membantu masyarakat,” tukas Walikota AA yang dibacakan Kaban Supit.

Saya juga mengingatkan ASN serta PPPK yang dilantik hari ini mengambil peran penting dimasyarakat jangan hidup untuk diri sendiri, bersosialisasi lah di tengah masyarakat dalam semua aspek.

“Jadilah pelopor pembangunan,agen pemerintah yang menginformasikan pembangunan yang sedang galak-galaknya dilaksanakan di Kota Manado, jangan menjadi sumber perpecahan di masyarakat tetapi menjadi perekat bangsa, perekat masyarakat, bijaksana lah dalam mengelola keuangan.

Jadilah teladan ditengah masyarakat, kita adalah teamwork pemerintah kota Manado,” Tandasnya. (Lusiedien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *