World Rabbies Day, Bupati Minahasa Tegaskan Pentingnya Kesadaran Pemilik Hewan Peliharaan

Minahasa237 Views
banner 468x60

Tondano, teropongsulut – Kabupaten Minahasa terpilih sebagai lokasi rekor MURI yang merupakan daerah terbanyak, yakni lebih dari 500 dosis vaksin dilakukan secara serentak dalam rangkaian peringatan World Rabies Day, Sabtu (07/10), di Benteng Moraya, kabupaten Minahasa.

Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy S. Kumendong, MSi, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Minahasa sebagai lokasi peringatan World Rabbies Day sekaligus pemberian rekor MURI.

“Penting sekali kesadaran dari semua pihak pemilik hewan untuk memberikan vaksin secara berkala kepada hewan peliharaan. Baik itu hewan ras ataupun hanya biasa. Hal ini untuk menjaga kesehatan lingkungan dan melakukan antisipasi menuju Minahasa bebas dari Rabbies dan penyakit menular hewan lainnya,” ungkap Bupati Kumendong sembari membuka kegiatan World Rabbies Day di Minahasa.

Baca juga:  Gebyar Olahraga dan Keakraban Sambut Hari Ibu ke-95 di Tondano

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut, Wilhelmina Pangemanan, S PT MSi, mengatakan penyakit zoonis dapat berjangkit dari hewan ke manusia dan sebaliknya, sehingga perlu diedukasi kepada seluruh masyarakat.

“Saat ini sebanyak 1500 dosis vaksin Rabbies sebagai kuota Sulut. Sedangkan di Minahasa sebanyak 500 dosis serentak dilakukan pada 7 kecamatan,” ujar Pangemanan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kumendong didampingi Sekda Minahasa, Dr Lynda Watania, meninjau bahkan berinteraksi langsung dengan berani dan tanpa ragu melihat keberadaan hewan yang divaksin.

Hadir pada kesempatan tersebut, mewakili kepala daerah kabupaten/kota se Sulut secara daring, Asisten 1 Riviva Maringka, Kadis Pertanian Minahasa Margaretha Ratulangi, Pengurus Persatuan Dokter Hewan Indonesia, BKSDA, jajaran Pemkab Minahasa dan pemilik ternak anjing dan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *