Desa Leilem Dua Gelar Penetapan Musrembang Desa

Minahasa228 Views
banner 468x60

Sonder, teropongsulut – Pasca dilakukannya musyawarah desa (Musdes) beberapa pekan lalu, Desa Leilem Dua kembali menggelar penetapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang), yang dilaksanakan di Balai Desa pada Selasa (31/10).

Musrembang Desa ini bertujuan melibatkan semua komponen masyarakat untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun selanjutnya, yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh berbagai sumber dana baik itu ADD, Dana Desa, Pendapatan Asli Desa, BanProv, BK, dan sumber dana lainnya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Camat Sonder, Diani Albert Dien, dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Desa Leilem Dua, Rudi Lontaan.

Dalam sambutannya, Lontaan menegaskan bahwa dalam pembangunan desa tetap harus mengacu pada anggaran.

Baca juga:  Sambut HUT Minahasa ke 595, PJ Bupati Minahasa Buka Pameran Minahasa Expo 2023

“Pembangunan pada 2024 nanti tetap mengacu pada anggaran. Yang akan direalisasikan adalah pokok-pokok yang diprioritaskan, telebih terkait dengan pembangunan sarana dan prasarana olah raga,” ungkap Lontaan.

Sementara itu, setelah dilakukan pembahasan bersama, disepakati 10 hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari Musrembang Desa dalam rangka penetapan RKPDes tahun 2024, yaitu: sarana olah raga; pembuatan plat decker di Jaga 1 dan 2; pembuatan saluran air dan penutup di jaga 1, 2, 3, 4, 5; perbaikan jalan di samping rumah Waani-Waani; pengecetan pila-pila jalan jaga 2 dan 3; ketahanan pangan (ternak dan pertanian); pengeboran sumur air bersih; jembatan penghubung antara Desa Leilem dan Leilem Dua; jembatan penghubung antara Desa Leilem Dua dan Leilem Tiga; peningkatan jalan kabupaten antara Desa Leilem Dua dan Kasuratan; mengacu pada kegiatan kabupaten.

Baca juga:  Djeneke Kumendong-Onibala Dikukuhan Pejabat Ketua Tim Penggerak PKK Minahasa

Turut hadir dalam kegiatan: Ketua dan Sekretaris BPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Perangkat Desa, Tim Penggerak PKK, Tim Posyandu, Pengurus BUMDES. (Novi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *