Miliki Perda RTRW, Pemkot Manado Sosialisasikan Perda Nomor 1 Tahun 2023

Manado743 Views
banner 468x60

Manado,teropongsulut-  Akhirnya Pemerintah Kota Manado sukses memiliki Perda nomor 1 Tahun 2023 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Manado Tahun 2023-2042.

Hari ini,  pemkot Manado mensosialisasikan Perda Nomor 1 Tahun 2023 tentang RTRW  kepada ASN Pemkot terutama kepada perangkat daerah di seluruh wilayah Kota Manado yang digelar di ruang serbaguna Kantor Walikota Manado, Selasa (31/10/2023).

Panitia penyelenggara dalam hal ini Bagian Hukum Pemkot Manado telah menghadirkan beberapa narasumber untuk menyampaikan materi, Salah satunya Dr. Denny Karwur yang juga sebagai tim penyusun.

Kepala Bagian Hukum Pemkot Manado, Eva Pandensolang mengatakan Perda ini merupakan produk hukum yang sudah melalui berbagai macam proses penyusunan dan evaluasi.

Baca juga:  Tertinggi di Sulut, Novrie Mokoagouw: IPM Kota Manado Melebihi Secara Nasional

“Ini disusun tahun 2016 kemudian di revisi tahun 2019 akhirnya tahun 2023 ini baru bisa ditetapkan menjadi Perda RTRW,” ujar Kabag Hukum.

Sementara itu mewakili Walikota Manado Andrei Angouw, Assisten bidang perekonomian dan pembangunan Kota Manado Atto Bulo diberikan amanat untuk membuka kegiatan sosialisasi hukum tersebut.

“Kita bersyukur Kota Manado sudah memiliki dasar hukum tentang RTRW yang tertuang dalam Perda Nomor 1 Tahun 2023. Perda ini sudah melalui proses yang sangat panjang, bahkan sudah di evaluasi oleh Gubernur Sulawesi Utara dan sudah di registrasi di Kemenkumham. Di Sulawesi Utara baru Kota Manado yang punya Perda RTRW,” kata Asisten.

Ia mengatakan setelah Ranperda telah ditetapkan menjadi Perda, harus segera disosialisasikan kepada perangkat daerah dan semua yang berhubungan dengan wilayah.

Baca juga:  Sebarkan Berita Bohong, Oknum JT Bakal di Laporkan ke Polisi

“Supaya Perda ini tepat sasaran maka diminta untuk mengikuti sosialisasi ini dengan seksama. Karena Perda Tata Ruang ini sudah diberlakukan dan telah mencabut Perda 1 tahun 2014,” kata Atto Bulo.

Diketahui Perda RTRW ditetapkan pada tanggal 19 Mei 2023 dan memiliki 16 BAB dan 123 Pasal. (*)

(Lusiedien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *