Polsek Langowan Fasilitasi Pemulihan Hak Korban Penipuan Jasa Pengiriman

Minahasa570 Views
banner 468x60

Langowan, teropongsulut – Menanggapi laporan penipuan yang berujung pada kehilangan minyak goreng senilai 30 juta rupiah, Polsek Langowan bersinergi dengan Polres Minahasa berinisiatif menggelar mediasi antara korban dengan perusahaan jasa pengiriman ternama di Indonesia, J&T, yang dilaksanakan di Polsek Langowan, pada Rabu (06/12). Upaya ini merupakan langkah restoratif guna mencari penyelesaian memuaskan dan adil bagi semua pihak terafiliasi.

Kronologi terungkap saat ‘AN’, seorang pedagang di Pasar Langowan, melapor ke Polsek setelah menyadari tindakan penipuan dalam transaksi minyak goreng. Pemesanan dilakukan, tetapi saat armada J&T datang, kendaraan didapati kosong, mengejutkan ‘AN’ dan memicu ketidakpercayaan.

Ketidakjelasan dari sopir J&T, ‘Ujang’, yang seharusnya membawa barang, hanya menambah kekacauan. Insiden ini melibatkan uang muka yang telah ditransfer oleh korban dan permintaan berulang dari sopir agar pembayaran dilakukan terlebih dahulu.

Baca juga:  Pj Bupati Minahasa Hadiri Rakor Pengadaan 2023

Situasi mencapai titik terang ketika pada 5 Desember 2023, setelah serangkaian negosiasi yang berlarut, ketiga pihak mencapai konsensus. Dalam pernyataan bersama yang disepakati dan distempel, ‘AN’ akan menerima uang kembali secara bertahap dengan pembayaran awal sebesar 15 juta rupiah, sementara sisanya dijadwalkan terbayar penuh sebelum 20 Januari 2024.

Kapolsek Langowan, Iptu Edy Asri dalam wawancaranya mengharapkan, kejadian ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk lebih berhati-hati dalam bertransaksi.

“Semoga apa yang terjadi menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk selalu bertransaksi dengan hati-hati dan meminta bukti yang cukup sebelum melakukan pembayaran,” unkap Kapolsek Asri

Inisiatif mediasi ini telah membuka jalan penyelesaian tanpa menghadirkan proses hukum yang panjang dan rumit. Engage yang dilakukan oleh pihak kepolisian Polsek Langowan menunjukkan peran penting dalam pemulihan hak korban dan pencegahan konflik lebih lanjut.

Baca juga:  SEMANGAT BARU, KOMITMEN KUAT: KALAPAS TONDANO RAIH HUT KORPRI KE-52  

Langkah ini dipuji sebagai refleksi dari pelayanan hukum yang humanis serta komitmen Polsek dalam mengedepankan resolusi konflik berbasis dialog dan musyawarah. (Novi)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *