Petugas PLN Berjuang Jaga Kelistrikan Di Cuaca Ekstrem

PLN102 Views
banner 468x60

Teropongsulut.com, Sangihe, 12 Januari 2024 – Cuaca ekstrem yang melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Utara, menurut perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih akan berlangsung sejak akhir Januari 2024.

Menindaklanjuti prediksi BMKG terkait adanya peringatan cuaca ekstrem, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo memastikan petugas PLN selalu siap siaga 1 x 24 jam, guna menjaga serta melakukan pengamanan suplai listrik.

“Petugas PLN berupaya melayani masyarakat sepenuh hati dengan terus bersiaga dan memastikan keandalan listrik dengan respon cepat penangan gangguan,” kata Dartomo.

Dartomo menjelaskan bahwa kondisi cuaca saat ini sangat berdampak pada sistem kelistrikan yang ada, terutama ketika hujan deras disertai dengan angin yang kencang, untuk itu diperlukan upaya ekstra untuk dapat memastikan minimnya gangguan yang muncul.

“Cuaca ekstrem sangat memengaruhi keandalan listrik, hal ini menyebabkan aktifnya sistem proteksi secara otomatis yang akan memutus sementara aliran listrik jika terdeteksi ada situasi tidak aman menyentuh jaringan listrik. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan masyarakat dari risiko bahaya listrik,” jelas Dartomo.

Ditambahkannya, bahwa ada dua jenis keadaan di mana aliran listrik terhenti sementara, yaitu pertama disebabkan pemeliharaan berkala jaringan listrik yang tentu saja akan diberikan pemberitahuan oleh PLN. Yang kedua disebabkan adanya gangguan tiba-tiba yang bisa terjadi kapan saja terutama saat kondisi cuaca ekstrim namun pemberitahuan akan diberikan setelah penyebab gangguan ditemukan lewat aplikasi PLN Mobile.

Baca juga:  PLN ULP Moutong Salurkan 50 Paket Sembako Kepada Mustahik

Gangguan karena cuaca ekstrim dan penyebab _force majeure_ lainnya yang terjadi saat ini juga terjadi tidak terkecuali juga pada lokasi masyarakat di Kepulauan, tepatnya di Kabupaten Kepualauan Sangihe, Kecamatan Tamako yang juga menjadi wilayah layanan PLN UID Suluttenggo.

Terbaru, gangguan yang terjadi disebabkan oleh gangguan kelelawar yang menyentuh jaringan listrik sehingga sistem proteksi jaringan menghentikan aliran listrik sementara agar meminimalisir risiko bahaya listrik bagi masyarakat.

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tahuna, Muhammad Taufik mengatakan pihaknya telah melakukan upaya untuk menghadapi kondisi cuaca ekstrem dan berbagai gangguan tidak diinginkan lainnya di wilayah kerja UP3 Tahuna dengan membuka posko pelayanan kelistrikan bagi masyarakat.

“Saat ini terdapat 7 posko tersebar di seluruh wilayah kerja UP3 Tahuna, di mana ratusan petugas PLN dikerahkan untuk siaga menjaga keandalan listrik selama musim penghujan,” ungkap Taufik.

Baca juga:  Cuaca Ekstrim Melanda, PLN UID Suluttenggo Sigap Jaga Pasokan Listrik

PLN sebagai perusahaan milik negara akan terus memastikan pasokan listrik bisa terpenuhi disetiap situasi dan kondisi. Selain itu, PLN juga telah menghadirkan aplikasi PLN Mobile.

PLN sebagai perusahaan listrik negara akan terus berupaya maksimal agar pasokan listrik bisa terpenuhi di setiap situasi dan kondisi. Selain it, PLN juga telah menghadirkan aplikasi PLN Mobile sebagai bagian dari Transformasi Digital kecepatan layanan bagi seluruh pelanggan PLN, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store.

Narahubung
Jedri Pangalila
Manager Komunikasi & TJSL
PLN UID Suluttenggo
08114308225

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

(Christo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *