Wawali Manado: Pemanfaatan Lahan Kintal AARS Untuk Tanam Tanaman Jenis Ubi

Manado721 Views
banner 468x60

Manado,teropongsulut- Wakil Walikota Manado, dr Richard Sualang (RS) mengatakan bahwa Pemanfaatan lahan untuk bercocok tanam  bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan seperti di kota Manado menjadi tantangan tersendiri  bagi mereka yang punya hobby menanam.

Wawali Manado juga menjelaskan gaya memindahkan  pertanian konvensional ke pertanian perkotaan yang lagi trend saat ini atau yang lebih dikenal dengan nama urban farming kintal AARS (Aman,Asri,Ramah dan Segar) yang tengah dikembangkan oleh Pemerintah Kota Manado lewat Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP).

Tema yang diangkat terkait pemanfaatan lahan perkotaan untuk menanam tanaman jenis Ubi.

Menurut Sualang, manfaat tanaman jenis Ubi  ini sangatlah besar salah satunya sebagai alternatif karbohidrat penganti makanan pokok yakni nasi.

Baca juga:  DPRD Manado Sahkan Ranperda Perumda Pasar dan Air Minum Wanua Wenang Jadi Perda

Walaupun Kota Manado bukanlah daerah pertanian tetapi merupakan kota jasa, namun sebagai wilayah pinggiran seperti di Kecamatan Malalayang, Mapanget, Tuminting dan Bunaken masih ada sebagian lahan dijadikan pertanian  oleh masyarakat setempat sebagai tanaman tumpang sari oleh petani disana,” ungkap Wawali Sualang.

“Masyarkat Kota Manado bisa memanfaatkan tanaman jenis ubi ini, hanya saja belum terbiasa untuk di konsumsi sebagai makanan pokok, namun bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan seperti  kue, kripik, tape bahkan es cream varian rasa ubi oleh para UMK di kota Manado,” Jelas Wawali Sualang di dampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado Reyn Heydemans, lewat Program Talk Show Baron Manado yang di selenggarakan oleh Radio RAL, diruang Dinas Kominfo Kota Manado, Kamis,(18/1/2024).

Baca juga:  Sekkot Lakat Hadiri Rakor Perangkat Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat Di Sulut

Pemkot Manado juga akan memfasilitasi bibit dan pupuk serta penadampingan penyuluh dan alat pertanian,  lewat Dinas terkait dalam hal ini Dinas PKP Kota Manado,” tutup Wawali Sualang. (Lusiedien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *