KPU Gelar Media Gathering Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut 2024, Umbola Jelaskan Prosesnya

banner 468x60

Manado, teropongsulut- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Propinsi Sulawesi Utara menggelar Media Gathering tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2024, di Kompleks Megamas Lapangan basket, Manado, Rabu (1/5/2024).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara Awaludin Umbola mengatakan dalam tahapan yang saat sementara berjalan KPU Sulut sementara melakukan proses seleksi Badan Adhoc khususnya PPK.

“Besok Kamis tanggal dua kami akan mengumumkan persiapan seleksi untuk Badan Adhoc yaitu Panitia Pemungutan Suara atau PPS, seleksi lagi berjalan,” ujar Umbola saat menjadi narasumber di kegiatan  media gathering ini.

Umbola menegaskan, tentu  kebutuhan terhadap Badan Adhoc ini menandakan bahwa akan ada kegiatan-kegiatan teknis yang natinya akan siap KPU Sulut  selenggarakan dalam waktu dekat.

“Salahsatunya adalah kami akan menyiapkan untuk penerimaan dukungan calon perseorangan, tentu dalam proses klarifikasi kedepan tentu kita akan sagat membutuhkan apa yang dinamakan Badan Adhoc untuk melakukan verifikasi dalam metode faktual di proses pencalonan nanti. Intinya akan ada faktualisasi akan dukungan terhadap calon perseorangan tersebut,” terang Umbola.

Baca juga:  HBL di Duga Lakukan Kampanye Tak Berizin di Pasar Bersehati, Senduk: Tidak Ada Izin Resmi Kami Terima

Lagi kata Umbola, ini yang sementara dipersiapkan dan tentunya setelah itu akan memulai lagi dengan pekerjaan dari Divisi Perencanaan Data dan Informasi dan akan juga melakukan Pencocokan dan Penelitian atau Coklit terhadap data pemilih yag sudah digunakan pada Pemilu sebelumnya.

“Inilah pekerjaan-pekerjaan yang kami siapkan dalam konteks teknisnya, dan tentu berkonsekuensi terhadap anggaran yang hari ini kita festivalkan,” tandasnya.

Terkait festival anggaran yang saat ini sementara dilaksanakan, menurut Umbola bukan berarti siapa yang paling banyak menjadi juara itu tidak, tetapi ini memang KPU Sulut mengekspose  dan menunjukan ke publik Sulut, bahwa KPU siap dengan anggaran yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah lewat NPHD yang sudah ditandatangani KPU di 15 Kab/Kota dan Provinsi Sulut.

Baca juga:  Gubernur Olly Kembali Raih Penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia Kategori Percepatan Infrastruktur

“Ini menjadi semangat kita bersama dan harapan kami khususnya teman-teman media yang bantuan untuk tahapan demi tahapan bukan hanya di Pemilu 2024 tapi di Pemilu-Pemilu sebelumnya dan ini sangat membantu dan memberikan kami energi untuk memastikan apa yang kami lakukan itu tersampaikan ke masyarakat, karena saat ini kita sudah mulai bergeser dari Pemilu ke Pilkada,” pungkasnya.

Hadir sebagai narasumber diantaranya Dr Ferry Liando yang juga merupakan Dekan Fisip Unsrat Manado, Ketua KPID Sulut Reidy Sumual, Komisioner KPU Sulut Lanny Oentoe dan Awaludin Umbola. (lusied)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *