Lepas 712 Peserta Calon Haji. Begini Isi Pesan Steven Kandouw

banner 468x60

MANADO, Teropongsulut.com – Sebanyak 712 calon haji di musim haji 1445 hijriah/2024 masehi asal Sulawesi Utara secara resmi dilepas untuk diberangkatkan ke Arab Saudi.

 

712 calon haji asal Sulawesi Utara akan diberangkatkan pada gelombang pertama yang terdiri atas tiga kloter yaitu 4, 5 dan 6.

 

Kloter 4 dijadwalkan berangkat dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado pada tanggal 17 Mei menuju Balikpapan, kemudian 18 Mei ke Arab Saudi.

 

Disusul kloter 5 di tanggal 19 Mei dari Manado-Balikpapan, 20 Mei ke Arab Saudi. Sementara kloter 6 di tanggal 19 Mei, kemudian ke tanah suci di tanggal 21 Mei.

 

Di tahun 2024, Provinsi Sulawesi Utara ketambahan 20 kuota menjadi 733 dibandingkan 2023. Namun sampai pada pelunasan tahap akhir yang melunasi hanya 722 calon haji.

Baca juga:  Tenis Meja ODSK Cup Siap Meriahkan HUT Provinsi

 

Dari 722 calon haji, 9 orang dimutasi ke luar dan 1 dimutasi masuk, sehingga total menjadi 714. Kemudian jelang pelepasan 2 calon haji menyatakan mundur dengan alasan sakit.

 

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw pun meminta doa dan restu masyarakat agar para calon jemaah haji asal Bumi Nyiur Melambai dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk.

 

Kandouw mengatakan masifnya koordinasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Kantor Kementerian Agama sedari tahapan awal sampai tiba waktu pelepasan sudah dipersiapkan secara matang.

 

“Kita juga berterima kasih kepada pak kanwil dan jajarannya yang sudah menyiapkan calon jemaah haji kita ini dengan baik,” katanya saat memberi sambutan pelepasan calon jemaah haji di Asrama Haji Kota Manado, Senin (13/5/2025).

Baca juga:  Ingatkan Tiga Hal Penting, Wagub Kandouw Pimpin Rapat Evaluasi Kinerja

 

“Mudah-mudahan tahun ini jemaah haji akan kembali dan memberikan warna yang lebih dalam untuk keberadaan umat yang ada di Sulawesi Utara,” sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *