Walikota AA Jadi Irup Peringati Hari Lahir Pancasila

Manado92 Views
banner 468x60

Manado, teropongsulut- Pemerintah Kota Manado menggelar upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lapangan Sparta Tikala Manado, Sabtu (01/06/24) dan dihadiri langsung oleh Wali Kota Manado Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota dr Richard Sualang.

Wali Kota Manado Andrei Angouw tampil sebagai inspektur upacara dan membacakan teks Pancasila.

Wali Kota Andrei Angouw saat membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI mengatakan pada hari ini 1 Juni 2024 kita memperingati hari lahir Pancasila.

Hari ketika Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 didepan sidang Badan Penyelidik Usaha Usaha Kemerdekaan (BPUPK)

Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema
“Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″.

Baca juga:  Dengan Tema Kasih Merangkai Keberagaman, Ibadah Perayaan Natal PKB Rayon Manado Berlangsung Hikmat Dan Sukacita

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasika menyatukan kita dengan segala perbedaan  suku, agam, budaya dan bahasa dalm menyongaong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

” Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasika dan nilai nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendiri negara,” ujar Andrei Angouw mengutip pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Yudian Wahyudi.

Lanjut Angouw, keberadaan Pancasila merupakan Anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.
Didalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong-royong.
Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalm identitas nasional “Bhineka Tinggal Ika”.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini saya mengajjak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila kedalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, ” tandasnya.

Baca juga:  Di Serukan Jigo Jigo, Jimmy Fredy Davy Gosal Caleg DPRD Manado Tampil Hebat di Kampanye PDI Perjuangan

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hri lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.

Nampak hadir Pejabat Esselon II, III, IV, staf khusus Kajari Manado, Ketua PN Manado, Polri, TNI serta undangan lainnya. (Lusiedien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *