Berita Foto: Rangkaian Kegiatan Pemkot Manado Dalam Mengikuti APEKSI XVI 2024 Di Kota Balikpapan Kaltim

banner 468x60

Balikpapan Kaltim,teropongsulut-
Rangkuman Kegiatan Pemkot Manado dalam mengikuti kegiatan Asosiasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Tahun 2024 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2024  diselenggarakan pada 1-6 Juni 2024 di Balikpapan.

Dengan bertajuk Menuju Kota Sejahtera Indonesia maju, APEKSI XVII Tahun 2024 di Buka oleh Presiden Indonesia Joko Widodo bersama Ketua APEKSI Eri Cahyadi Walikota Surabaya. APEKSI XVII memiliki rangkaian kegiatan yaitu Youth City Changers, Gala Dinner, Rapat Kerja, Indonesia City Expo & ICE Forum Bisnis, Karnaval Budaya Nusantara, Sarasehan Istri Walikota, Pentas Seni, City Tour, Penanaman Pohon, Cooking Class, Jetski Sport, Senam Bersama, Sarapan Bersama dan KMF Pokja Perubahan Iklim & WMF PERPAMSI.

Peserta Rakernas XVII APEKSI 2024 adalah Walikota/Wakil Walikota, Ketua TP-PKK/Dekranasda, para pendamping/OPD Pemerintah Kota, para Pemuda Kota dari seluruh Indonesia.

Disambut Panitia Apeksi XVII 2024

Minggu, 2 Juni 2024, Tiba di bandara Internasional Sultan Aji Muhamad Sulaiman Sepinggang, Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Mikler Lakat SH.,MH dan  Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Anje Mailoor, Kepala Pelaksana BPBD Kota Manado Donald Sambuaga, Kabag Pembangunan Ivan Sumampouw, Kabag Pemerintahan Soni Takumansang, Camat Malalayang Jusuf Kopitoy bersama rombongan di sambut Panitia Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ( APEKSI) XVII 2024 dengan mengalungkan bunga.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Manado Dr.Mikler Lakat SH.,MH mewakili Walikota Kota Manado Andrei Angouw akan menghadiri kegiatan APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) XVII Tahun 2024 di Balikpapan Kalimantan Timur.

Gala Dinner

Senin, 3 Juni 2024 Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr., Mikler Lakat SH.,MH bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Anje Mailoor bersama Kepala Pelaksana BPBD Kota Manado Donald Sambuaga Camat Malalayang Jusuf Kopitoy menghadiri Gala Dinner APEKSI di Auditorium Kantor Walikota Balipapan.

Baca juga:  Walikota AA Irup Hardiknas

Berkunjung ke Penangkaran Buaya dan tempat Wisata Budaya Dayak Pampang

Senin, 3 Juni 2024 Sekkot Lakat bersama rombongan menyempatkan berkunjung  ke penangkaran Buaya Balikpapan dan berkunjung ke tempat wisata budaya dayak di pampang Samarinda Kalimantan Timur.

Mengikuti Rakernas APEKSI XVII

Selasa, 4 Juni 2024, Sekretaris Daerah Kota Manado, Dr Mikler Lakat SH.,MH  mengikuti rapat kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke XVII, bertempat di BSCC Dome Kota Balikpapan.

Menurut Lakat, rakernas Apeksi ini sangat penting, menjadi moment berkumpul, bertatap muka, saling menyapa dan saling sharing.

” Sharing program dan pengalaman akan membawa nilai berharga untuk di bawa ke Kota Manado,” kata Lakat.

Rakernas APEKSI ini dapat menjadi forum yang produktif untuk bertukar pengalaman dan ide dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik,”ujar Lakat.

Dikatakan lagi, Rakernas APEKSI XVII di Kota Balikpapan ini merupakan momentum penting bagi pemerintah daerah untuk bersinergi dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang pembangunan di era yang kian kompleks.

Sehingga kehadiran seluruh kepala daerah dari 98 kota se-Indonesia dapat memberikan kontribusi positif dalam menyusun strategi penguatan kinerja pemerintah kota di masa mendatang kota-kota yang lebih berkualitas dan berdaya saing,”tukasnya.

Mengikuti Cooking Class

Selasa, 4 Juni 2024, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Manado Anje Mailoor mewakili Ketua TP-PKK Kota Manado Irene Golda Pinontoan mengikuti kegiatan Cooking Class dalam rangka HUT APEKSI ke 24, bertempat di restauran kampung pasir pantai kemala Balikpapan Kalimantan Timur.

Menurut Ketua DWP Anje Mailoor kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pengolahan masakan dengan cara terkonsep dengan benar untuk keluarga, khususnya yang memiliki Balita.

Dengan adanya kegiatan Class Cooking di harapkan bisa berkolaborasi, bersinergi, dan saling bertukar pengalaman. Kontribusi APEKSI ini bisa mempersembahkan yang terbaik untuk Indonesia.

Baca juga:  Nelson Entiman: Tokoh Masyarakat, Pemuda Dan Agama Tidak Tersinggung Ucapan Walikota Manado, Karena Tidak Merendahkan Warga Talaud

“Class Cooking menjadi moment Bersilaturahmi, bisa saling menyapa dan saling sharing,” kata Anje.

Kunjungi Pasar  Tumpa Pringgodani

Selasa,4 Juni 2024, Sekkot Mikler Lakat, Bersama Ketua DWP Manado Anje Mailoor, Kalak BPBD bersama Istri Earlyna Umboh, Camat Malalayang Jusuf Kopitoy, Kabag Pembangunan Ivan Sumampow  berkunjung ke pasar Pringgodani Balikpapan.

Penanaman Pohon

Rabu, 5 Juni, Sekretaris Daerah Kota Manado Dr Mikler Lakat SH.,MH bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Manado Anje Mailoor, Camat Malalayang Jusuf Kopitoy dan Istri Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD dr Earlyna Ombuh mengikuti acara penanaman pohon di kompleks Gedung Kesenian Balikpapan.

Kegiatan tersebut adalah serangkaian agenda kegiatan APEKSI 2024 yang di selenggarakan di Kota Balikpapan Provinsi Samarinda.

Pantauan media ini, 98 Walikota se-Indonesia melakukan penanaman pohonBersama Pak Sekda, Ibu, Isteri Kaban BPBD mengikuti acara Penanaman pohon di area Kompleks gedung kesenian.

Menurut Sekda Lakat, Aksi penanaman pohon merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dalam setiap pelaksanaan Rapat Kerja Apeksi dan diharapkan dapat terus berjalan merawat dan menjaga kelestarian lingkungan.

” Ini sebagai langkah untuk menjaga kelestarian alam agar tetap terjaga, ini juga salah satu komitmen Pemerintah untuk peduli lingkungan,”kata Lakat.

Perlu di Ketahui, Sekretaris Daerah Kota Manado Dr Mikler Lakat mewakili Walikota Manado Andrei Angouw dalam mengikuti kegiatan APEKSI ini.

Rakernas APEKSI Kedua

Rabu, 5 Juni 2024, Sekkot Dr Mikler Lakat di dampingi Camat Malalayang Jusuf Kopitoy,  Sespri Sekkot Manado Mario Aldo Runtu mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  Apeksi ke XVII kedua.

Rabu,5 Juni 2024 pukul 7 malam Rombongan APEKSI XVII Tahun 2024 kembali ke kota Manado dengan pesawat Super Air Jet dan Tiba di Manado pukul 21.20 malam. (Lusie Dien)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *