Bahas Terkait Penyaluran DAK, Dinas PUPRD Sulut Gelar Rakor Se-Sulut

banner 468x60
SULUTTeropongsulut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara  (Sulut) melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Daerah (PUPRD) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Jalan se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (5/12/2023) bertempat di salah satu Hotel di Manado.

Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw yang di Wakili Kepala Dinas PUPRD Sulut Deicy Paath Membuka Rakor tersebut yang dihadiri langsung oleh perwakilan Dinas PUPRD kab/kota se Sulut.

Deicy Paath Dalam Sambutannya mengatakan dari tahun ke tahun pemerintah pusat secara konsisten dan kontinyu menyalurkan dana alokasi khusus (DAK) kepada kita penerima DAK di Provinsi Sulut.

“DAK adalah dana bersumber dari pendapatan APBN yang di alokasikan ke pemerintah daerah dengan tujuan untuk mendanai kegiatan bersifat khusus yang menjadi urusan daerah yang bersesuaian prioritas nasional. Daerah tertentu yang dimaksud ini mencakup pemerintah provinsi dan pemerintah kab/kota yang dinilai memenuhi syarat penerima DAK,” ungkapnya.

Baca juga:  Wisatawan Terus Berdatangan, ODSK Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Dan SDM

Lanjutnya, pengalokasian DAK ini tentu harus didukung dengan evaluasi dan pemantauan secara konsisten dan kontinyu sehingga setiap penerima DAK dipandang untuk perlu melakukan evaluasi terhadap capaian dan target kegiatannya bersama dengan tiap pemangku kepetingan terkait.

“Evaluasi ini dilakukan sebagai fungsi mengkontrol dan memonitor progres kegiatan DAK tahun 2023. Khusus DAK fisik infrastruktur bidang jalan sehingga dapat diperoleh data immediate outcome (IO) dan output kegiatan tiap daerah penerima DAK,” ucapnya.

Akhiri sambutan, Paath meminta kepada daerah penerima DAK di Sulut untuk memaparkan data dan informasi berupa progres pelaksanaan kegiatan yang bersumber DAK TA 2023.

“Seperti deskripsi kegiatan  yang berisikan informasi kegiatan, peta lokasi, jenis penanganan dan gambar penanganan, progres fisik, progres keuangan dokumentasi lapangan, permasalahan lapangan dan isu-isu strategis di daerah serta hal-hal yang terkait,” tukasnya.

Baca juga:  Canangkan Stop Boros Pangan, Gubernur Olly Ajak Kader PKK Jadi Pelopor Hemat Pangan

(SL/*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *